September 26, 2021

Cara Membuat Susu Pertumbuhan Anak Usia 2 Tahun yang Tepat

Susu pertumbuhan adalah minuman sehat yang memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak usia 2 tahun. Pasalnya ada berbagai macam nutrisi penting dalam susu seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, maupun mineral. Namun tidak sedikit orang yang salah saat membuat susu sehingga membuat kandungannya menghilang. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini cara membuat susu pertumbuhan anak usia 2 tahun yang bisa Anda ikuti:

Lakukan Persiapan

Anda perlu menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan sebelum membuat susu untuk Si Kecil. Pastikan bahwa peralatan minumnya sudah bersih dan steril. Anak usia 2 tahun biasanya sudah bisa belajar menggunakan gelas. Jadi bersihkan gelas menggunakan air hangat atau sterilkan menggunakan sterilizer (jika memilikinya). Tujuannya yaitu agar tidak ada kuman penyebab penyakit yang tertempel dalam peralatan minum anak.

Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Bukan hanya kebersihan peralatan minum saja, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tangan. Pastikan bahwa tangan Anda sudah bersih dan steril untuk membuat susu bagi Si Kecil. Gunakan sabun dan air mengalir untuk membersihkan tangan. Lalu keringkan menggunakan handuk kecil yang bersih.

Gunakan Air dengan Suhu yang Tepat

Salah satu kesalahan para ibu saat menyiapkan susu untuk Si Kecil adalah menggunakan air dengan suhu yang kurang tepat. Padahal ini sangat penting untuk menjaga agar kandungan dalam susu tidak rusak. Hindari menggunakan air yang baru mendidih. Pasalnya air mendidih pada umumnya memiliki suhu sekitar 100 derajat celcius. Suhu yang terlalu tinggi tersebut bisa membuat kandungannya rusak. Suhu air yang direkomendasikan yaitu kurang lebih 40 derajat celcius.

Air Terlebih Dahulu Baru Susu Bubuk

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan para ibu adalah memasukkan susu bubuk terlebih dahulu baru menyiramnya dengan air panas. Padahal yang benar adalah air hangat terlebih dahulu baru kemudian susu bubuk. Pastikan bahwa Anda membaca saran penyajian yang ada di kemasan susu pertumbuhan. Pasalnya setiap produk susu pertumbuhan memiliki takaran yang berbeda-beda. Sesuaikan takarannya dengan saran penyajian tersebut.

Aduk Hingga Larut

Air hangat yang digunakan bisa membuat susu bubuk mudah larut dalam air. Aduk-aduk agar lebih mudah untuk larut. Sebelum menyajikannya untuk si Kecil, periksa kembali suhu susu yang Anda buat. Pastikan Si Kecil tidak merasa kepanasan ketika meminumnya. Apabila masih panas, cobalah masukkan gelas ke air dingin untuk mendinginkan dengan cepat. Jangan tiup susu tersebut karena kurang baik untuk kesehatan.

Habiskan Sebelum 2 Jam

Setiap anak memiliki kapasitas minum susu sendiri-sendiri. Ada anak yang bisa meminum satu gelas susu langsung habis, namun ada juga yang tidak bisa menghabiskannya sekali minum. Apabila Si Kecil tidak bisa menghabiskan secara langsung, maka pastikan mereka menghabiskannya dalam 2 jam. Pasalnya susu yang dibuat lebih dari 2 jam berisiko terpapar mikroorganisme yang ada di udara.

Itulah cara membuat susu pertumbuhan anak usia 2 tahun yang bisa Anda ikuti. Sedangkan pilihan susunya yaitu susu pertumbuhan dari Morinaga Platinum. Untuk anak usia 2 tahun, Anda bisa memilih varian Morinaga Chil Kid Platinum. Varian tersebut bisa dikonsumsi mulai usia 1 tahun hingga 3 tahun. Kandungannya lengkap, termasuk laktoferin yang terkandung dalam ASI atau Air Susu Ibu. Selain laktoferin ada kandungan berupa vitamin, mineral, minyak esensial, protein lain, dan masih banyak yang lainnya. Berikan paling tidak 2-3 gelas sehari untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Meta Des: Susu pertumbuhan anak usia 2 tahun bisa mendukung tumbuh kembang di masa keemasannya. Namun Anda harus menyiapkan susu dengan tepat agar kandungannya tidak hilang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *