Oktober 25, 2021
cara mengecek dinamo starter mobil

Cara Mengecek Dinamo Starter Mobil Lengkap

Mobil yang susah di starter bisa disebabkan oleh aki yang bermasalah. Kebanyakan mobil yang susah dihidupkan adalah karena aki tidak bisa menghantarkan arus 12 volt.

Namun, ketika aki sudah normal, maka kemungkinan lain adalah pada bagian starter motornya. Lantas bagaimana cara mengecek dinamo starter mobil?

Cek Bagian Soket

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ketika mobil tidak bisa menyala adalah dengan mengecek kondisi dari bagian soket otomatisnya. Pada umumnya, lampu indikator yang ada pada dashboard tetap berkedip meski mobil sulit hidup.

Caranya adalah cek bagian kabel kecil yang menyambung pada dinamo starter dengan soket otomatisnya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek bagian sekring dan relay.

Cek Klem Aki

Kerusakan dinamo starter ternyata ada hubungannya dengan komponen lain pada mesin. Salah satunya adalah adanya gangguan pada klem aki. Pada umumnya, hal ini bisa terjadi karena baut klem longgar.

Akibatnya, aki pun tidak bisa mengalirkan listrik ke dinamo starter. Cara untuk mengatasinya adalah dengan membuka bagian kap mesin, dan periksa tempat penyimpanan akinya. Lalu, cek bagian klem akinya.

Jika memang terlihat longgar, maka segera kencangkan. Namun, jika memang baut dalam keadaan baik, maka bisa jadi aki mobil kamu tekor.

Cek Kabel Aki

Cara cek dinamo starter mobil yang bermasalah juga bisa kamu lakukan dengan memeriksa kabel akinya. Pada umumnya, hal ini akan ditandai dengan kondisi mobil yang tidak bisa dihidupkan, dan lampu indikator pada bagian dashboard mati.

Perhatikan Putaran Mesin

Selain cara diatas, kamu juga bisa mengecek dinamo starter mobil yang bermasalah inni dengan memperhatikan putaran mesinnya. Dinamo starter pada mobil yang sedang bermasalah akan menyebabkan putaran mesin menjadi lemah.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menstarter mobil. Jika tidak kunjung bekerja, maka bisa dipastikan bahwa dinamo starter pada mobil kamu memang sedang bermasalah. Biasanya, hal ini juga bisa disebabkan oleh aki mobil yang lemah.

Selain itu, masalah bisa juga berasal dari dinamo starter mobil yang longgar, kotor, bahkan lepas. Untuk memastikannya, kamu bisa membawa mobil ke bengkel agar bisa segera diatasi oleh teknisi yang sudah ahli dibidangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *