Scarf merupakan salah satu fashion yang bisa mendukung penampilanmu. Scarf wanita yang kamu pakai bukan hanya bisa kamu pakai untuk hijab tetapi bisa juga untuk scarf leher, ikat rambut, hiasan tas, ikat pinggang atau kamu bisa memadukannya dengan gaya berbusana kamu pada saat itu.

Scarf wanita berbeda dengan syal, kalau scarf secara bentuk mirip dengan selendang dan tidak ada aturan khusus ketika memakainya. Bedanya dengan syal terdapat pada bahannya, bentuknya yang memanjang, ukurannya yang terlalu besar dan sebagainya. Scarf biasanya berukuran 30 cm x 150 cm dan dari bahan yang lebih tipis.

Oleh karena itu tidak semua bahan bisa kamu pakai untuk scarf wanita apalagi yang buat hijab. Kamu harus pilih bahan yang nyaman meskipun kamu kebanyakan beraktivitas secara outdoor.

Beberapa Bahan Scarf Wanita yang Bikin Kamu Nyaman

Ada banyak bahan yang dipakai untuk membuat scarf, biasanya pemilihannya berdasarkan kenyamanan dan kemudahannya kalau dipakai hijab. Berikut ini beberapa bahan scarf wanita yang bisa jadi pilihanmu:

  • Katun Toyobo

Ada banyak variasi kain katun, dimana setiap jenisnya mempunyai fungsi masing-masing yang lebih cocok. Misalnya untuk membuat scarf hijab kamu bisa menggunakan katun toyobo yang halus, nyaman, sejuk kalau kamu pakai sehar-hari.

Karakteristik dari bahan ini mudah dibentuk, bisa rapi dalam waktu yang lama, serat kainnya yang rapat membuatnya tidak terawang. Untuk pilihan warnanya juga modern, karena cenderung matte dan tidak terlalu mengkilap yang menyebabkan penampilan jadi norak.

  • Crepe Ceruti

Crepe ceruti merupakan jenis kain dengan sirkulasi udara yang lancar, sehingga anti gerah dan nyaman untuk seharian. Bahan ini juga bisa kamu bentuk atau gayakan sesuai dengan busana yang sedang kamu pakai.

Ciri dari bahan ini mempunyai tekstur berpasir, seperti kulit jerut atau berkerut, flowy, lemas dan tembus pandang. Dengan karakteristik seperti itu, hijab jadi lebih ringan dan agar tidak terawang kamu bisa menggunakan inner yang senada.

  • Baby Silk yang Premium

Kalau kamu suka dengan hijab yang terkesan glossy dan mewah kamu bisa memilih kain ini yang memang mirip seperti kain sutera. Bahan baby silk yang premium memang nyaman, adem dan halus. Selain itu lebih tebal dari bahan lain, tidak licin flowy.

Ketika kamu memakainya kamu bisa tanoa inner karena memang bahannya yang cukup tebal sehingga tidak terawang. Bagian depannya juga bisa kamu tata dengan mudah sehingga bisa membuat penampilan hijab lebih sempurna.

  • Cornskin

Kain jenis cornskin mempunyai tekstur yang mirip dengan kulit jagung. Merupakan bahan yang nyaman dan mudah ditata sehingga pas kalau dijadikan kerudung apalagi saat cuaca lagi panas-panasnya.

  • Viscose (premium)

Bahan ini merupakan varian rayon yang premium, mempunyai sifat lembut, dingin dan mampu menyerap keringat dengan sangat baik. Viscose terbuat dari kombinasi serat alami kapas dan semi sintetis. Tapi sayangnya mudah kusut dan harus kamu cuci pakai tangan biar kainnya awet.

  • Voal

Belum ada scarf wanita yang bisa menandingi bahan voal, sebagian besar bahannya memang katun tapi ada campuran lain seperti rayon, linen, silk dan polyester. Untuk tekstur memang tergantung dari kombinasi bahannya, sehingga pastikan voal hijab yang kamu pakai halus, ringan tetapi tidak terawang.

Kalau kamu ingin membuat bisnis scarf wanita, baiknya perlu kamu perhatikan bahan yang kamu pakai. Sesuaikan dengan occasion pada saat itu juga, misalnya untuk kegiatan sehari-hari kamu bisa jual scarf dari bahan voal entah itu polos atau yang bermotif. Dan untuk acara resmi kamu bisa produksi scarf dari bahan silk premium. Bagaimana, apakah sudah punya ide mau menggunakan bahan yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *